Thursday, July 12, 2018

Masa Depan Bitcoin Terancam Komputer Kuantum


Komputer kuantum digadang-gadang menjadi ancaman bagi masa depan bitcoin, meski sebagian besar dunia terpikat akan meroketnya nilai bitcoin ini. Pasalnya kedua teknologi ini bertentangan. Ancaman tersebut telah diperkirakan oleh para pakar komputasi dunia.

Bitcoin yang telah menginjak usia 7 tahun sejak peluncurannya di 2009, telah mengalami berbagai "cobaan". Sebut saja kasus MtGox maupun Bitfinex yang belum lama ini terjadi. Di mana, situs jual beli bitcoin terbesar di dunia, MtGox mengalami kebangkrutan setelah para peretas (hacker) berhasil menggagalkan sistem komputernya. Di tambah lagi permasalahan ukuran blok yang sampai saat ini belum terpecahkan. 
Atas persoalan tersebut, komputer kuantum disinyalir akan mampu mengkalkulasi kunci privat dari kunci publik yang tersedia. Tentu saja dengan menggunakan komputer biasa, hampir mustahil melakukan hal yang serupa. Namun komputer kuantum yang memiliki cara kerja berbeda, dengan tingkat komputasi yang jauh melampaui komputer yang ada sekarang ini, bakal bisa menghitung banyak hal yang belum mampu dilakukan saat ini. 
Divesh Aggarwal dan rekan-rekannya dari National University of Singapore (NUS) meneliti bagaimana komputer kuantum dapat merusak dan bahkan mengeksploitasi protokol keamanan bitcoin ini. Mengutip laman futurism, protokol tersebut menggunakan algoritma untuk mengubah data menjadi fungsi matematika. Setiap transaksi dicatat ke dalam "blok" menggunakan fungsi-fungsi protokol sebagai bagian dari pekerjaan menuntut komputasi pertambangan cryptocurrency.
Aggarwal dan rekan-rekannya meneliti bagaimana komputer kuantum bisa menembus keamanan bitcoindalam dua cara: dengan pertambangan lebih dari sebuah komputer bisa (klasik) dan oleh retak kunci kriptografi bitcoin ini. 
Selain itu, para peneliti juga menemukan Pokerace99 bahwa  Application-Specific Integrated Circuits (ASICs) yang saat ini digunakan oleh sebagian besar penambang cryptocurrency, jika ingin menembus komputer kuantum harus mampu mempertahankan keunggulan kecepatan itu sendiri di atas komputer kuantum untuk 10 tahun ke depan. Sehingga penambang kemungkinan besar tidak akan dapat menggunakan sistem kuantum untuk tujuan jahat dengan cara baisanya, setidaknya selama satu dekade.
Berbicara yang digunakan pemilik bitcoin, para peneliti mengemukakan bahwa adapun retak kunci kriptografi saat ini, bagian dari protokol keamanan bitcoin melibatkan setiap pemilik bitcoin memiliki dua kunci enkripsi: satu pribadi dan satu publik. Pemakaian kunci publik ini mudah dihasilkan hanya dengan menggunakan history. Namun sebaliknya, akan jauh lebih sulit. 
Maka dari itu, komputer konvensional tidak memiliki kekuatan komputasi yang diperlukan untuk memperoleh kunci pribadi dari kunci publik, komputer kuantum bisa melakukannya lebih mudah. "Skema kurva 'tanda tangan' The elips digunakan oleh bitcoin bisa benar-benar rusak oleh sebuah komputer kuantum pada awal 2027," tutur Aggarwal dan rekan-rekannya.
Sehingga, Aggarwal merekomendasikan bitcoin untuk memperbaiki metode enkripsi atau membatalkan keseluruhannya, sehingga mendapatkan keamanan yang lebih baik. Namun sayangnya, menurut MIT Technology Review , bitcoin tidak memiliki rencana untuk merevisi protokol keamanan tersebut saat ini. 
Perlu diketahui, Komputer kuantum merupakan konsep yang dicetuskan oleh Richard Feyman di tahun 1982. Meskipun saat ini komputer kuantum sedang dalam tahap pengembangan, bukan tidak mungkin komputer jenis ini akan mendominasi di masa depan. Oleh karena itu, beberapa teknik kriptografi harus diperbarui dengan teknik-teknik yang lebih canggih.

No comments:

Post a Comment