Thursday, July 12, 2018

Teknologi yang Memusnahkan Password Konvensional


Password konvensional biasanya terdiri atas kombinasi huruf atau angka dan biasa digunakan untuk mengamankan sebuah akun dari pihak tak bertanggung jawab. Jika ingin login ke akun media sosial atau membuka smartphone dalam kondisi terkunci, setiap pengguna harus memasukkan kata sandi yang tepat.

Di era modern seperti sekarang, pastinya password konvensional dinilai sudah ketinggalan zaman. Selain tidak efisien, pengguna diwajibkan mengingat kata sandi yang ideal dan membutuhkan proses berbelit apabila sampai mengalami lupa password.
Kemajuan dalam bidang teknologi Rajapoker99 membuat beberapa alternatif pengganti password konvensional mulai dikembangkan dan diimplementasikan. Apa saja teknologi tersebut? Baca selengkapnya di bawah ini.
Sensor Sidik Jari
Teknologi ini akan memindai permukaan jari pengguna dan menyimpannya ke database. Jika ingin membuka smartphone, pengguna hanya perlu menempelkan jarinya ke tempat sensor. Teknologi fingerprint scanner sudah marak diterapkan sebagai media absensi maupun fitur keamanan di smartphone. Bukan mustahil, di kemudian hari orang cukup menempelkan jari saat hendak berbelanja di online store.
Iris Scanner
Pertama kali diperkenalkan Microsoft lewat smartphone Nokia Lumia 950 dan disusul Samsung Galaxy Note 7. Fitur iris scanner akan menggunakan iris mata sebagai kode pengaman smartphone. Pada desktop sendiri juga terdapat teknologi semacam ini, yakni Windows Hello, ciptaan Microsoft di OS Windows 10. Sama seperti sensor sidik jari, iris scanner lebih akurat karena mata setiap orang berbeda dengan orang lain. Sehingga, keamanan lebih terjamin dan tidak mudah dibobol.
Voice Recognition
Voice recognition bisa Anda temui pada aplikasi Google Assistant yang memungkinkan seseorang membuka kunci smartphone melalui suara. Tentunya akan lebih efisien ketika seseorang bisa login ke media sosial atau bahkan menyetujui pembayaran di online store hanya lewat suara sendiri.
Sensor Pemindai Wajah
Sering dianggap kurang akurat karena raut wajah pengguna bisa berubah dan tidak bekerja di cahaya minim, namun masih ada developer yang menerapkan sensor pemindai wajah sebagai salah satu fitur keamanan di produknya. Sebutlah Samsung, Apple dan LG. Kekurangan tersebut dapat diatasi lewat beberapa pengembangan, seperti fitur Face ID di iPhone X yang mampu bekerja baik meski di kondisi gelap.
Password Manager
Sesuai namanya, password manager akan menyimpan semua password konvensional pengguna dengan aman. Kalau Anda punya beragam akun media sosial, maka aplikasi ini akan menyederhanakannya menjadi satu password saja. Password manager berfungsi sebagai pengganti sementara, sehingga Anda tidak perlu kerepotan mengingat seluruh kata sandi.

No comments:

Post a Comment